Landasan & Isu

Landasan Syariah

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik niscayaakan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S Al-Hadid : Ayat 18)

”Bersuci adalah separuh dari keimanan, ucapan Alhamdulillah akan memenuhi timbangan, Subhanallah Walhamdulillah akan memenuhi ruangan langit dan bumi, shalat adalah cahaya dan shodaqoh (sedekah) itu merupakan bukti.” (HR. Muslim)

Isu Strategis

  1. Sampah (barang bekas) saat ini masih dipandang sebelah mata. Sampah(barang bekas) dalam pemanfaatannya masih dalam ruang lingkup sebagai tabungan( bank sampah), RE-USE (pemanfaatan kembali), RE-DUSE (limbah) dan RE-cycle (daur ulang)
  2. Pemanfaatan sampah(barang bekas) menjadi program charity (santunan) dan pemberdayaan belum optimal
  3. Minyak jelantah masih sering dibuang sembarangan di lingkungan atau digunakan berulang-ulang sampai habis. Keduanya tidak mendukung program pemerintah untuk hidup sehat (Go Health) dan (Go Green). Lebih baik minyak jelantah sedekahkan untuk program pemberdayaan masyarakat (Go Berkah).
  4. Membangun kepedulian guna selalu berbagi (Caring for Sharing) perlu ditumbuh kembangan di masyarakat dalam suatu gerakan yang terstruktur dan terprogram.