PROGRAM KAMPUNG TERSENYUM SOLUSI PENCEMARAN LINGKUNGAN JAKARTA SELATAN

Program Kampung Tersenyum (Terima Sedekah Minyak Untuk Mereka) yang diinisiasi oleh Rumah Sosial Kutub (R-SIK) mendapatkan sambutan baik oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah Jakarta Selatan dan juga Walikota Jakarta Selatan. Adapun Kampung Tersenyum sendiri merupakan sebuah kampung yang menggalakkan misi hidup sehat (Go Health) hidup bersih (Go Green) dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan bersedekah minyak jelantah (Go Berkah).

Perlu diketahui bahwa limbah hasil minyak goreng yang dihasilkan oleh rumah tangga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan bila dibuang sembarangan contohnya bila dibuang di sungai dapat menyebabkan ekosistem di dalamnya mati karena tidak dapat menerima oksigen diakibatkan oleh gumpalan minyak tersebut. Hal ini juga tidak baik apabila digunakan untuk memasak berulang kali karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, hipertensi dan lainnya.

Rumah Sosial KUTUB yang juga bergerak dalam menangani Barang Bekas sangat bersemangat dalam mengedukasi masyarakat. Dengan semangat “Ubah Sampah Jadi Sedekah” R-SIK sudah melaksanakan layanan penjemputan sejak bulan Mei 2018 lalu. Kini, program ini akan dilakukan dengan sistematis dengan konsep Kampung Tersenyum di mana setiap gang atau jalan akan dibagikan setiap tong sedekah minyak jelantahnya. Ketika tong sudah terisi penuh, penanggung jawab akan menghubungi layanan jemput sedekah sehingga driver akan menjemput sedekah tersebut.


“Limbah minyak jelantah yang terhimpun dari Program Kampung Tersenyum akan dikirim ke pabrik pengolah biodiesel. Keuntungan yang diterima akan dijadikan sebagai biaya operasional program program social dan juga pemberdayaan masyarakat, jelas Fajrian selaku Manager Minyak Jelantah (10/5).

Atas dasar tersebut Kepala Seksi Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, Enrile Indro Prasetyo menyambut program tersebut dengan sangat antusias agar masalah pencemaran lingkungan yang ada di Jakarta Selatan dapat segera diatasi dan diselesaikan serta mampu memberikan hal positif bagi kaum dhuafa.

Posted on: 16 Mei 2019, by :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *