Dinas Lingkungan Hidup Mendukung Penuh Kampung Tersenyum

Program Kampung Tersenyum Rumah Sosial KUTUB akan dijadikan pilot projects gerakan hidup sehat, hidup bersih dan hidup berkah dari Dinas Lingkungan Jakarta Selatan. Menilik kembali permasalahan yang ada di masyarakat khususnya Jakarta, minyak jelantah menjadi salah satu sumber masalah tersebut. (26/4)

Peraturan Pemerintah yang hanya fokus membahas minyak jelantah pada dunia industri tidak menyelesaikan permasalahan limbah yang terjadi di lingkungan khususnya pencemaran yang ada di perairan.

Masyarakat cenderung membuang sisa minyak jelantah mereka sembarangan ke lingkungan sekitar termasuk sungai, sehingga tak sedikit sungai ikut tercemar. Maka muncullah peraturan baru yang juga membahas akan limbah minyak jelantah yang ada di masyarakat.

“Oksigen tak dapat masuk di dalam karena terhalangi oleh minyak jelantah sehingga ekosistem di bawah sungai menjadi punah, jelas Ibu Endah selaku pemimpin rapat Proklim.”

Program ini beririsan dengan “Kampung Tersenyum” yang diinisiasi oleh Rumah Sosial KUTUB. Tersenyum yang berarti Terima Sedekah Minyak Untuk Mereka sebuah gerakan untuk hidup sehat (go health) hidup bersih (go clean) dan hidup berkah dengan mensedekahkan minyak jelantah mereka untuk operasional program-program sosial dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga Kampung Tersenyum merupakan Kampung yang menggalakkan misi hidup sehat hidup bersih dan berlomba-lomba dalam kebaikan dengan bersedekah minyak jelantah. Kampung ini sadar akan bahaya minyak jelantah bukan hanya bagi tubuh namun juga lingkungan kita. Maka hal ini akan menjadi sebuah keberkahan jika minyak dikumpulkan dan disedekahkan karena minyak jelantah dapat diubah menjadi energi alternatif.

Direktur Rumah Sosial KUTUB (R-SIK) menegaskan bahwa R-SIK siap memfasilitasi Tong Sedekah yang akan ditempatkan di jalan-jalan warga kemudian akan melakukan penjemputan ketika Tong Sedekah sudah terpenuhi.

Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan langsung merespon dengan positif solusi yang ditawarkan oleh Rumah Sosial KUTUB bahkan langsung mengundang untuk bisa mensosialisikan misi besar ini kepada Walikota Jakarta Selatan.

Harapannya, semua lini masyarakat dapat bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita besar untuk menjaga lingkungan kita ini.

Newsroom: Nanik Apriyani

Posted on: 29 April 2019, by :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *