Siswa Al Jabr School Gandeng Rumah Sosial KUTUB dalam PYP Exhibition

Kamis, 25/4, Tiga siswa cerdas dari Al Jabr School berhasil menghipnotis pengunjung yang datang dalam acara PYP Exhibition.

Lala dan kedua temannya berhasil melakukan experimen akan bahaya minyak jelantah yang dikonsumsi terus menerus termasuk dampak dari pencemarannya di lingkungan sekitar. Experimen mereka didukung oleh beberapa sumber data baik dari wawancara kepada para ahli maupun dari data-data sekunder.

“Tanaman yang disiram dengan minyak jelantah jadi mati, sedangkan air yang didalamnya diberi minyak jelantah membuat ikan dan tanaman mati juga. Tanaman dan ikan yang berisikan air tanpa campuran minyak tetap hidup segar, jelas Lala kepada pengunjung yang datang.”

“Jadi, minyak jelantah itu sangat berbahaya baik bagi manusia, hewan maupun tumbuhan jika terus digunakan. Namun, minyak jelantah bisa diolah menjadi biodisel, tambah mereka.”

Anak-anak yang masih duduk di bangku kelas 5 SD sangat antusias dalam melakukan percobaan ini dan mengajak teman-teman dan Al Jabr Community untuk membawa minyak jelantah mereka ke sekolah. Selain digunakan untuk penelitian, mereka bersemangat untuk mensedekahkan minyak yang sudah mereka kumpulkan kepada Rumah Sosial KUTUB.

“Nanti kami akan sedekahkan lagi minyak jelantah yang sudah dikumpulkan ya Kak, ungkap mereka kepada Team RSIK yang berkunjung ke booth mereka.”

Kepada setiap pengunjung yang datang, anak-anak dengan semangat mempresentasikan hasil penelitian mereka dan mengajak setiap pengunjung yang datang untuk mensedekahkan minyak jelantah mereka ke Rumah Sosial Kutub.

Aksi ini disambut dengan baik oleh setiap peserta exhibition dan mengapresiasi dengan tepukan yang sangat luar biasa untuk mereka.

Diakhir acara, kepada sekolah menutup dengan sebuah harapan agar kita bisa berbuat sesuatu untuk alam termasuk dengan menjaganya.

Newsroom: Nanik Apriyani

Posted on: 27 April 2019, by :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *